Cara Penggunaan Essential Oil

 

Ada 3 cara mendasar dalam penggunaan Essential Oil : inhalasi (hirup), aplikasi langsung, dan konsumsi internal. Berikut informasi dasar mengenai cara pemakaian Essential Oil secara umum.

 

 

 

INHALASI

 

Saat menghirup Essential Oil, seluruh panca indera bekerja lebih maksimal sehingga dapat memicu berbagai reaksi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ada beberapa cara menghirup yang disarankan :

 

  • Hirup dari botolnya atau ditetes terlebih dahulu ke telapak tangan, dan hirup melalui telapak tangan
  • Teteskan terlebih dahulu pada permukaan benda esperti tissue, sapu tangan, bantal, ataupun boneka, dan biarkan aromanya terhirup melalui media tersebut
  • Teteskan Essential Oil dalam baskom atau mangkuk berisi air panas. Tundukkan wajah untuk menghirup uapnya sambil menutup bagian belakang kepala sampai ke bawah agar tidak ada uap yang lolos ke udara luar. Hirup dalam dan teratur
  • Menyebarkan partikel Essential Oil menggunakan alat yang mampu memencarkan uap dan partikel terkecil dari Essential Oil ke udara (Diffusing). Menggunakan sebuah alat yang disebut Cold Difuser dengan cara kerja mengurai dan melepaskan ion partikel ke udara secara langsung, Essential Oil tidak akan terpapar oleh suhu panas karena dapat merusak unsur dan khasiatnya
  • Gunakan humidifier (pelembab udara), letakkan tissu atau kain kecil yang sudah diteteskan Essential Oil di depan semburan uap alatnya. (Jangan meneteskan Essential Oil pada alatnya langsung. Essential Oil akan mengambang dan dapat merusak mesin humidifier)

 

 

 

 

APLIKASI LANGSUNG

 

Oleskan Essential Oil pada bagian tubuh atau kulit yang membutuhkan.
Jika dibutuhkan, campur dan encerkan terlebih dahulu Essential Oil dengan carrier oil seperti V-6 Vegetable Oil (Produk Young Living) atau minyak nabati murni (bisa dikonsumsi), untuk melindungi kulit yang sensitif.

 

 

Berikut lokasi aplikasi yang umum pada tubuh :

 

  • Puncak kepala
  • Kening
  • Leher
  • Abdomen
  • Telapak dan punggung kaki
  • Dahi
  • Belakang telinga
  • Tengkuk
  • Pergelangan Tangan/Kaki
  • Lokasi lain yang disesuaikan kebutuhan saat itu

 

Untuk aplikasi langsung di bagian tubuh, mohon mengikuti langkah berikut :

  1. Perlahan-lahan miringkan botol Essential Oil dan keluarkan sekitar 1-3 tetes pada telapak tangan, lalu aplikasikan di bagian tubuh yang membutuhkan
  2. Jika ada Essential Oil yang menetes ke tangan, gesekkan kedua telapak tangan dalam bentuk sirkular searah jarum jam, lalu gunakan untuk pijat di bagian yang membutuhkan. Ulangi beberapa kali jika memang dibutuhkan

 

Perhatian : Essential Oil sangat konsentrat dan beberapa memiliki karakter yang keras atau panas di kulit, bahkan dapat mengakibatkan iritasi pada kulit. Jika terjadi iritasi, segera gunakan V-6 Enhanced Vegetable Oil Complex atau minyak nabati murni agar Essential Oil menjai lebih encer. Silahkan membaca petunjuk pada label maupun informasi mengenai Essential Oil yang hendak digunakan. Penggunaan campuran minyak nabati pada Essential Oil, tidak mengurangi manfaat yang didapatkan.

 

Anda juga dapat membuat minyak pijat sendiri dengan cara mencampur beberapa Essential Oil favorit dengan V-6 Enhanced Vegetable Oil Complex (atau minyak nabati murni) atau dapat pula langsung menggunakan minyak pijat produksi dari Young Living (seperti Ortho Ease, Relaxation) untuk mendapatkan rasa nyaman, tenang dan rileks.

 

 

 

 

KONSUMSI INTERNAL

 

Sebelum memutuskan untuk konsumsi internal, pastikan terlebih dahulu bahwa Essential Oil yang anda gunakan memang dapat digunakan untuk konsumsi internal.

Hanya Pure Essential Oil (Minyak Esensi Murni) yang telah terbukti aman untuk dikonumsi dan dianggap suplemen.

 

Cara penggunaan dan dosisnya sangat bervariasi tergantung umur, berat tubuh, dan kondisi kesehatan seseorang, Ikuti dosis pada petunjuk penggunaan tiap Essential Oil untuk meyakinkan cara pakainya atau tanyakan pada tenaga kesehatan dan profesional yang paham mengenai penggunaan Essential Oil secara internal.

 

 

Cara Konsumsi Internal yang Disarankan

 

  • Masukkan beberapa tetes Essential Oil pada kapsul kosong dan telan bersama air putih
  • Masukkan 1-2 tetes Essential Oil dalam 1 gelas air atau campurkan dengan minuman seperti juice
  • Campurkan 1-2 tetes Essential Oil pada sepotong roti maupun makanan yang hendak dikonumsi
  • Campurkan 1-2 tetes Essential Oil dalam 1 sendok teh madu, menggunakan sendok kayu, lalu minum
  • Teteskan langsung di bawah lidah, lalu telan. Berhati-hatilah saat menggunakan cara ini, karena banyak Essential Oil yang keras dan kurang nyaman jika tidak suka. Sebaiknya lakukan test terlebih dahulu dengan 1 tetes Essential Oil pada sendok dan icipi sedikit untuk melihat reaksi pada indera perasa Anda.

 

Perhatian : Penggunaan secara internal belum disarankan untuk anak – anak di bawah umur 5 tahun, karena pencernaan balita masih sangat rentan dan sistem metabolismenya belum seperti orang dewasa.

 

Catatan :

Informasi yang lebih detil, beragam dan juga testimonial pemakaian Essential Oil, banyak sekali yang dapat anda temukan di internet. Gunakan media http://www.google.co.id/ untuk mendapatkan informasi sesuai kebutuhan anda, dengan memasukkan kata kunci yang tepat.