Sudah lama kata “Aromaterapi” cukup dikenal, dan juga banyak produk kecantikan, pembersih ataupun wewangian yang menggunakan frasa “Aromaterapi”.

 

Namun apa sebenarnya definisi dari Aromaterapi?

Aromaterapi, menggunakan dua kata yaitu ‘aroma’ dan ‘terapi’. Penggunaan aroma yang dimaksud, dan dapat memberikan efek well-being pada body-mind-spirit, disebut sebagai Essential Oil, atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai minyak Atsiri.

 

Tidak sembarangan Essential Oil memiliki manfaat yang sesungguhnya. Bahkan banyak produk yang menyebut dirinya sebagai Essential Oil, namun ternyata hanya berfungsi sebagai wewangian dan tidak mampu memberikan efek well-being yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya peraturan internasional yang jelas mengenai berapa persen kandungan Essential Oil murni yang dibutuhkan dalam sebuah botol, agar ia dapat disebut sebagai Essential Oil, dan bagaimana fungsi produk tersebut, misalnya sebagai pewangi, aroma pijat, atau dalam level terapi kesehatan.

Essential Oil adalah minyak konsentrat yang dihasilkan dari berbagai bagian dari tumbuhan seperti batang, daun, bunga, buah, biji, kulit, dan sebagainya, dimana proses pembuatannya pun memiliki tahap spesifik dan penelitian yang mendalam. Essential Oil dengan kualitas terbaik, tidak membutuhkan pemakaian yang berlebihan karena ia memiliki konsentrat tinggi dan khasiat yang tinggi. Penggunaannya hanya membutuhkan 1-6 tetes (atau lebih), tergantung masalah yang dialami, berat badan, dan umur seseorang.

 

Proses pembuatan Essential Oil sangat menentukan efek akhir dari terapi yang diberikan. Oleh karena itu, pastikan bahwa Essential Oil yang digunakan sebagai Aromaterapi adalah benar yang memiliki kualitas terbaik, diolah secara hati-hati agar tidak menghilangkan khasiatnya dan terutama tidak mengandung bahan-bahan campuran yang dapat membahayakan kesehatan.

 

Alami belum tentu murni, murni belum tentu memberikan efek pada kesehatan.

 

Kunjungi infogram pada link http://www.aromaterapi.id/ untuk memahami Essential Oil secara mudah.

 

 

 

 

Umumnya, penggunaan Essential Oil dilakukan dengan cara berikut ini :

  1. dioles pada kulit
  2. dihirup

 

Namun bagaimana kita tahu bahwa Essential Oil tersebut memiliki kualitas terbaik? Ada cara yang mudah untuk membedakan sebuah Essential Oil yang memiliki bahan baku konsentrat murni, atau lebih banyak mengandung campuran.

 

 

 

Perhatikan hal – hal berikut :

 

  • Essential Oil memiliki karakter rentan terhadap cahaya dan udara panas. Oleh karena itu, Essential Oil murni yang konsentrat, akan menggunakan kemasan botol berwarna gelap.

 

  • Essential Oil dapat teroksidasi dan menguap, tergantung karakter dan jenis Essential Oil tersebut. Oleh karena itu, botol yang digunakan umumnya tidak berukuran besar, yaitu antara 5-20ml.

 

  • Essential Oil memiliki efek kuat terhadap bahan olahan seperti plastik, sehingga Essential Oil murni tidak akan dapat ditampung dalam kemasan plastik, karena akan mengurai plastik tersebut.

 

  • Harga yang tinggi dan berbeda antar jenisnya. Karena tiap tanaman memiliki fungsi, kandungan dan konsentrat yang berbeda, maka tiap tanaman yang diolah menjadi Essential Oil memiliki prosedur uniknya masing – masing. Tidak ada satu jenis tanaman yang memiliki prosedur sama dalam pengolahannya. Hal ini menyebabkan perbedaan harga dari tiap jenis, dan harga tinggi karena konsentrat yang terpusat dalam 1 kemasan Essential Oil.

 

  • Setiap kelompok panen yang menghasilkan jenis Essential Oil sama, belum tentu memiliki aroma yang sama persis seperti kelompok sebelum/sesudahnya. Hal ini disebabkan konsentrat dan kandungan zat alami dalam tumbuhan, terus berubah, tergantung waktu panen, musim, dan sebagainya. Namun yang terpenting bukan bagaimana “aroma”-nya saat terhirup, tapi unsur yang terkandung di dalam Essential Oil itu. Karena yang memberikan efek kesehatan adalah unsur – unsur esensi tersebut.

 

Pemakaian Essential Oil yang tepat, tanpa tergantung pada harga dari jenisnya, tetap akan memberikan manfaat yang diharapkan. Bukan berarti Essential Oil yang murah, lalu tidak memiliki manfaat baik, karena harga ditentukan dari seberapa banyak bahan baku yang dibutuhkan, dan lika-liku proses yang spesifik terhadap tanaman tersebut.

 

Catatan :

Informasi yang lebih detil, beragam dan juga testimonial pemakaian Essential Oil, banyak sekali yang dapat anda temukan di internet. Gunakan media http://www.google.co.id/ untuk mendapatkan informasi sesuai kebutuhan anda, dengan memasukkan kata kunci yang tepat.